Powered by Blogger.

Manfaat melakukan Puasa

Puasa mungkin identik dengan berlapar-lapar dan tak mengonsumsi makanan selama beberapa watu. Sebenarnya dilansir dari All Women Stalk, puasa adalah salah satu gaya hidup yang bisa membuat Anda lebih sehat dan panjang umur.

Namun karena kesibukan yang melanda, kadang kita memang memilih untuk tidak berpuasa. Logikanya, kalau kita sibuk, kita butuh banyak energi, terutama cairan. Sementara itu, saat kita sedang puasa, tubuh memang mudah lemas dan mengantuk.

Puasalah di waktu yang memang Anda yakini. Karena ada beberapa manfaat ajaib yang bisa membuat Anda lebih tenang, sehat dan terarah. Seperti beberapa manfaat yang berikut ini.

Dalam kebiasaan umat muslim, memang ada bulan puasa yang mampu meningkatkan hawa spiritual dalam diri kita. Namun tanpa dilakukan di bulan puasa pun, puasa memang bisa membantu kita melatih ketajaman jiwa dan perasaan.

Misalnya karena puasa, kita jadi lebih tahan diri dari emosi. Selain itu kita juga kita lebih fokus dalam berkomunikasi dengan diri sendiri. Namun ingat, semua ini bisa terjadi asal kita sungguh-sungguh melakukannya.

Manfaat lain dari melakukan puasa adalah kita mampu mengeluarkan racun dari tubuh. Dilansir dari All Women Stalk, saat tubuh tidak mengolah makanan, tubuh kita berkonsentrasi dalam memperbaiki sel dan menyembuhkan tubuh yang sakit.

Dalam hal ini, tubuh juga mengeluarkan racun dan sisa-sisa makanan. Saran kami, banyak minum air putih daripada minuman manis saat Anda melakukan puasa. Air putih bisa membantu detoksifikasi tubuh dengan lebih lancar.

Saat Anda terbiasa puasa atau melakukan puasa dengan hari yang selang-seling selama beberapa hari saja, hal ini bisa membantu Anda untuk tetap menjaga kebiasaan makan selama puasa. Oleh karena itu, banyak orang mudah merasa kenyang saat berbuka puasa.

Memang kebiasaan makan tersebut akan berganti seiring kita mengubah pola makan pada puasa. Yang tadinya doyan makan banyak, kini jadi membatasi diri. Yang tadinya doyan makan manis atau pedas, kini agak berkurang kebiasaannya.

Saat kita puasa, yang kita lakukan adalah memberi kesempatan pada pencernaan dan tubuh untuk beristirahat. Sehingga tubuh bisa memperbaiki diri dan menjadi lebih sehat. Oleh karena itu banyak orang yang disarankan puasa agar tetap sehat.

Salah satu saran yang penting saat Anda memang sedang puasa adalah jangan melakukan aktivitas yang terlalu keras atau terlalu lama dipapar sinar matahari. Bila Anda memang punya waktu untuk istirahat atau meditasi, gunakan sebaik mungkin karena hal itu membantu tubuh Anda untuk menyembuhkan diri.
Meski puasa itu kelihatannya tidak makan selama beberapa jam, sebenarnya puasa membantu kita untuk lebih berenergi. tubuh jadi lebih kuat karena selama beberapa hari puasa, tubuh lebih bersih dari toksin dan tidak mudah mengantuk.

Tips di hari pertama puasa yang memang akan terasa berat, jangan banyak melakukan aktivitas yang membuat Anda kelelahan. Coba lakukan aktivitas ringan, sekalipun Anda di kantor. Jangan khawatir, tubuh kita didesain untuk bisa beradaptasi dengan puasa kok.

Kita jadi sosok yang lebih sabar karena puasa memang membantu kita mengontrol hawa nafsu dan emosi. Selain menahan nafsu makan, kita juga jadi lebih banyak menggunakan kekuatan spiritual untuk berpikir hal yang baik.

Namun tentu saja hal ini tak terbentuk secara instan, ada progres dan proses yang perlu Anda jalani untuk mendapatkan jiwa yang lebih sabar dan tenang. Bila perlu, perbanyak kegiatan spiritual agar puasa Anda juga bisa bernilai ibadah.

source: www.vemale.com
Title : Manfaat melakukan Puasa
Description : Puasa mungkin identik dengan berlapar-lapar dan tak mengonsumsi makanan selama beberapa watu. Sebenarnya dilansir dari All Women Stalk,...

0 Response to "Manfaat melakukan Puasa"

Post a Comment